Jasa test PDA

Jasa Test PDA atau secara teknis disebut dengan Pile drive analyzer adalah metode pengujian menggunakan alat untuk menganalisa kekuatan dan stabilitas atau keutuhan tiang pancang yang digunakan dalam konstruksi bangunan atau jembatan. Alat ini biasanya terdiri dari sebuah sistem pengukur yang ditempatkan di bagian atas tiang bor dan sebuah monitor yang digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan oleh teknisi.

Jasa PDA Test
atau tes PDA

Proses distribusi tiang pancang sebelum dilakukan Jasa Test PDA

Pile drive analyzer biasanya digunakan selama proses pemasangan tiang bor untuk memastikan bahwa tiang tersebut memenuhi standar kekuatan yang diperlukan untuk mendukung struktur yang akan dibangun di atasnya, khususnya di Indonesia, standard yang dipergunakan mengacu kepada NSPK – Standar Nasional Indonesia Bidang Jembatan dan Terowongan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dokumen tersebut adalah SNI 03-4434-1997 tentang Spesifikasi Tiang Pancang Beton Pracetak Untuk Pondasi Jembatan. Selengkapnya bisa download disini 

Fungsi lain Test PDA

Selain itu, pile drive analyzer juga dapat digunakan setelah tiang bor terpasang untuk memantau kondisi tiang dan memastikan bahwa tiang tersebut tetap stabil dalam jangka panjang.

Apa itu pondasi tiang pancang?

Pondasi tiang pancang adalah pondasi yang terdiri dari tiang pancang beton yang ditanam / dipancang ke dalam tanah untuk mendukung struktur bangunan atau jembatan. Tiang pancang beton ini biasanya terbuat dari beton bertulang yang dicor sistem pracetak dengan besi tulangan prategang. Tiang pancang beton dapat dibuat dengan berbagai ukuran dan bentuk tergantung pada kebutuhan struktur yang akan dibangun. Misalnya minipile segitiga / segiempat atau pancang bulat seperti foto dan video diatas.

Pondasi tiang pancang beton biasanya digunakan pada lokasi yang memiliki kondisi tanah yang kurang kuat atau tidak mampu mendukung beban struktur yang akan dibangun. Pondasi tiang pancang beton juga dapat digunakan pada lokasi yang memiliki kedalaman tanah yang sangat dalam sehingga tidak mungkin untuk menggunakan pondasi tipe lain misalnya pondasi batu kali atau pilecap.

Secara umum, biaya untuk melakukan pekerjaan pembangunan dengan pondasi tiang pancang beton biasanya lebih mahal daripada pondasi tipe lain, namun memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan dapat bertahan (durability) lebih lama. Selain itu, tiang pancang beton juga dapat dibuat dengan mudah sesuai dengan kebutuhan struktur yang akan dibangun (easy to design).

PENUTUP

Demikian uraian mengenai jasa PDA Test atau Tes PDA, jika proyek anda memiliki kebutuhan untuk jasa tersebut, silakan menghubungi kami PT. Anggarda Paramita Engineering, 0813-3300-4422. Kami akan dengan senang hati melayani konsultasi kebutuhan Anda.

 

Salam menuju kesempurnaan engineering.

HOME 

ABOUT

SERVICES

BLOG

CONTACT